No image available for this title

CD-ROM

Peran Keluarga Dalam Pendidikan Kesehatan Pada Anak Tentang Cuci Tangan di Kelurahan Kuin Selatan Banjarmasin



Latar Belakang: Upaya pencegahan penyakit menular dengan salah satu tindakan berupa pendidikan kesehatan merupakan salah satu cara memperbaiki perilaku. Diharapkan dengan perubahan perilaku melalui pendidikan kesehatan tentang mencuci tangan yang benar dapat mencegah terjadinya penyakit diare. Oleh karena itu, orang tua mempunyai kewajiban untuk mengajarkan anaknya dalam berperilaku hidup bersih sehat mulai dari hal yang paling sederhana seperti cuci tangan dengan sabun.rnTujuan: Mengidentifikasi Peran Keluarga dalam Pendidikan Kesehatan Anak tentang cuci tangan di Kelurahan Kuin Selatan Banjarmasin.rnMetode: Metode yang digunakan yaitu deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang memiliki anak usia 6-12 tahun berjumlah 1186 orang di Kelurahan Kuin Selatan Banjarmasin. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling dengan total jumlah sampel 93 orang dengan taraf signifikan α=0,1%. rnHasil: Berdasarkan analisis data dari 93 responden yang dibagikan kuesioner, didapatkan hasil yang terbanyak yaitu 55 orang responden dikategorikan berperan (59.1%) dalam memberikan pendidikan kesehatan pada anak tentang cuci tangan.rnKesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran keluarga dalam pendidikan kesehatan pada anak tentang cuci tangan dikategorikan berperan adalah keluarga yang memiliki anak usia 11 tahun. rnSaran: Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi tenaga kesehatan hendaknya lebih meningkatkan promosi kesehatan dalam PHBS seperti penyuluhan khususnya tentang cuci tangan pakai sabun dengan benar agar keluarga dapat mengetahui tentang manfaat dan dampak tidak mencuci tangan dengan benarrnrnKata Kunci: Peran Keluarga, Pendidikan Kesehatan, Anak 6-12 Tahunrnrn


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Naskah Publikasi
No. Panggil
011 JAU p
Penerbit gramedia : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this